Festival Film Musik Rurushopradio

ruangrupa & Rurushopradio
mempersembahkan

Festival Film Musik Rurushopradio
11 s/d 20 Maret 2013
Di RURU Gallery
Jl.Tebet Timur Dalam Raya No.6, Jakarta Selatan 12820
Gratis dan Tempat Terbatas!

eflyer_festival_film_musik_rurushopradio

ruangrupa, artist initiative berbasis di Jakarta sejak tahun 2000, memang selalu dekat dengan dunia musik. Hampir setiap program pameran yang diadakan oleh ruangrupa dibarengi dengan penampilan musisi/band/performer ataupun DJ. Selain itu sebagai sebuah art space, ruangrupa juga membuka ruangnya untuk mendukung musisi/band/performer untuk mengadakan pertunjukan musik yang intim dengan pendekatan artistik yang khas.

Menuju perayaan ulang tahun ruangrupa yang ke-13, radio seni rupa kontemporer Rurushopradio mengadakan program pemutaran film: Festival Film Musik Rurushopradio. Festival Film Musik ini menjadi program pertama dalam rangkaian perayaan 13 tahun ruangrupa dan Rurushopradio yang sudah setahun bersiaran.

Festival ini akan memutarkan karya film dan video yang berbicara dan menceritakan tentang musik, dalam bentuk dokumenter dan fiksi. Khusus untuk program kali ini kami memilih karya-karya yang dalam berbagai cara melihat dan bicara mewakili dunia musik dan juga anak muda, yang memiliki spirit dan ekspresi artistiknya tersendiri, sehingga karya-karya ini mampu menginspirasi banyak orang sekaligus membentuk identitas dan membuat sejarahnya sendiri.

Pada setiap program pemutaran per harinya, kami mencoba memutarkan karya film lokal dan film internasional, yang ditujukan untuk membawa diskusi lebih jauh mengenai bagaimana pembuat film/video disini dan diluar sana, menggunakan medium film/video untuk bercerita tentang musik, yang dapat membawa gagasan-gagasan segar bagi perkembangan dunia film, musik dan praktik kebudayaan lainnya. Festival ini diadakan dengan semangat bersenang-senang untuk selalu berusaha membuka ruang bagi adanya pertemuan dan lahirnya berbagai penciptaan dengan gagasan segar dan inspiratif.

Sikatskoy!!!

====

*Jadwal, data & sinopsis:

 

Senin,11 Maret 2013: PROGRAM 1

17:00
Pearl Jam – Twenty
(2011, 109 menit, dir: Cameron Crowe)
Sebuah Rockumentary mengenai band Pearl Jam yang menandai ulang tahun ke 20 mereka di dunia musik.

19:30
Rock Bergema: A Story Behind the Rock Anthem
(2012, 23 menit, dir: Arief Asril)
Sebuah film dokumenter mengenai Roxx, band rock legendaris Indonesia, di awal kejayaannya.

20:15
Rock In Solo 2011
(2012, 85 menit, dir: Kamerad Edmond)
Film dokumenter yang mengikuti aktivitas dari pembuatan sampai ke pagelaran sebuah acara konser musik rock di kota Solo pada tahun 2011.

———————————————

Selasa, 12 Maret 2013: PROGRAM 2

17:00
Live at Djakarta Artmosphere 2011
(2011, 100 menit, dir: Ari Rusyadi)
Liputan konser musik tahunan, Djakarta Artmosphere, di tahun 2011. Berisi penampilan band-band yang meramaikan acara tersebut.

20:00
All Tommorow Parties
(2009, 82 menit, dir: All Tomorrow’s People & Jonathan Caouette)
Film dokumenter mengenai terbentuknya sebuah acara musik yang lain daripada yang lain, dimana musisi dan penontonnya berbaur dalam sebuah pengalaman musik yang paling asik. Acara tersebut dinamakan All Tomorrow’s Parties, seperti lagu band legendaris Velvet Underground.

———————————————

Rabu, 13 Maret 2013: PROGRAM 3

17:00
Lucky People Center International
(1998, 85 menit, dir: Johan Söderberg)
Film ini mengikuti perjalanan selama dua tahun ke berbagai pelosok bumi, diambang tahun 2000, untuk melihat bagaimana umat manusia menyambut awal millennium, diwarnai oleh musik dari berbagai kebudayaan dan musik masa depan.

20:00
HIPHOPDININGRAT – Jogja Hiphop Foundation
(2010, 65 menit, dir: Chandra Hutagaol)
Film dokumenter mengenai perjalanan sebuah grup musik hip-hop dari kota Jogjakarta.

———————————————

Senin, 18 Maret 2013: PROGRAM 4

17:00
Some Kind of Monster – Metallica
(2004, 141 menit, dir: Joe Berlinger & Bruce Sinofsky)
Sebuah film dokumenter mengenai perjuangan karir band heavy metal asal Amerika, Metallica, yang tetap jaya setelah 30 tahun lebih berkutat di dunia musik.

20:00
We Will Bleed – Burgerkill
(2012, 90 menit, dir: Ebenz)
Film dokumenter yang menceritakan sepak terjang band metalcore asal Bandung, Burger Kill, yang telah eksis selama 17 tahun di dunia musik Tanah Air.

———————————————

Selasa, 19 Maret 2013: PROGRAM 5

17:00
Bueno Vista Social Club
(1999, 105 menit, dir: Wim Wenders)
Film dokumenter mengenai perjuangan seorang gitaris – vokalis – komposer asal Amerika, Ry Cooder, dalam mengumpulkan musisi-musisi legendaris Kuba, dimana sekarang sudah banyak yang berusia 80-90-an tahun, untuk merekam sebuah album bergenre Latin dan untuk menggelar konser mereka di Amerika.

20:00
Berdansa Bersama Shaggydog
(2012, 58 menit, dir: F. Tejobaskoro
Sebuah film dokumenter yang menceritakan, serta membagi pengalaman hidup dari sebuah band ska asal Jogjakarta bernama Shaggydog,; yang selama 15 tahun berjuang dari nol hingga bisa mencuri perhatian insan musik di benua Eropa.

———————————————

Rabu, 20 Maret 2013: PROGRAM 6

17:00
The Boat That Rocked / Pirate Radio
(2009, 135 menit, dir: Richard Curtis)
Film fiktif tentang usaha sekelompok pencinta musik untuk menyampaikan musik rock ke telinga masyarakat luas di era ’60-an, dengan cara menyiarkannya melalui gelombang radio bajakan, dari atas sebuah kapal di tengah laut. Hal ini memang banyak terjadi di Eropa pada jaman itu.

20:00
Ambisi
(1973, 95 menit, dir: Nya Abbas Akup)
Sebuah film komedi layar lebar tentang dunia entertainmen di Tanah Air pada tahun ’70-an, mulai dari siaran radio swasta, industri rekaman, hingga pertunjukan panggung.

———————————————
———————————————
t: @Rurushopradio
f: RurushopRadio

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>