RUANG RIAS

Teater Pohon bekerjasama dengan RURU Gallery mempersembahkan:

RUANG RIAS
Karya: Pedje | Produksi ke-2 Teater Pohon

e-flyer_ruang_rias

Sutradara: Chairuman Ardi
Pemain: Pandan Wangi, Devi Bernadette, Angelique Wanty

Pementasan:
Sabtu, 9 Mei 2015
Pukul 20.00-21.30 WIB

di RURU Gallery
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No. 6
Jakarta Selatan 12820
Lakon ini mengisahkan Pandan, seorang waria yang mengalami kompleks rendah diri (inferioritas) namun memiliki keinginan untuk bisa tampil menawan. Namun, keinginan itu hanya berani ia wujudkan dalam angan-angan, bukan dalam kehidupan nyata.

Keinginan Pandan tersebut diketahui oleh Bernadette, seorang make up artist. Maka, Bernadette pun menggunakan berbagai cara agar Pandan mau memberanikan diri mewujudkan keinginannya untuk menjadi cantik. Karena, menurut Bernadette, tampil cantik dan menawan adalah suatu keniscayaan agar orang bisa masuk dalam lingkaran pergaulan yang ia anggap terhormat, suatu lingkaran pergaulan yang terdiri dari orang-orang yang sangat kaya, yang menentukan kriteria cantik dan tidak cantiknya seseorang.

Pada awalnya, Panda memang menolak mengikuti kemauan Bernadette. Namun, dengan berbagai tekanan dan iming-iming, akhirnya Pandan pasrah saja dan bahkan kemudian menikmatinya. Apalagi, Bernadette berhasil mengubah penampilan Pandan, menjadi seperti yang diangankan Pandan.

Sayangnya, di akhir cerita terjadi peristiwa yang tak disangka-sangka dan tak diharapkan oleh Bernadette. Peristiwa ini bisa dilihat sebagai metafora hilangnya nilai-nilai kemanusiaan akibat eksploitasi yang dilakukan sesama manusia dan juga sebagai gambaran atas merosotnya derajat manusia dari makhluk mulia menjadi semacam barang atau benda, akibat terjebak dalam simulakra.

Gratis!

Info lebih lanjut:
w: ruangrupa.org | t: @ruangrupa | f: ruangrupa | i: @ruangrupa | e: info@ruangrupa.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>