DIA ADALAH PUSAKA SEJUTA UMAT MANUSIA YANG ADA DI SELURUH DUNIA

RURU Shop Mempersembahkan:

Artwork Project Untuk 19 Tahun NAIF
“DIA ADALAH PUSAKA SEJUTA UMAT MANUSIA YANG ADA DI SELURUH DUNIA”

e-flyers_naif

Pameran – Peluncuran Buku – Musik

Agugn, Amenkcoy, Edita Atmaja, Emte, Gooodit, Hauritsa, Henry Foundation, Ika Vantiani, Jayu Julie, Jimi Multhazam, Marishka Soekarna, Mateus Bondan, Mushowir Bing, Oomleo, Ricky Malau, Sari Sartje, Sir Dandy, The Popo, Uji Hahan

Pembukaan :
Kamis, 27 November 2014
Pukul 19.00 – 22.00
Di RURU Gallery,
Jl. Tebet Timur Dalam Raya, no.6
Jakarta 12820

Penampilan istimewa dari:
NAIF
DJ Wahyu Acum ( #Gilavinyl )
MC Adjisdoaibu dan Gilang Gombloh

Pada acara ini akan di adakan pula peluncuran buku “Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada Di Seluruh Dunia”
Pameran :
27 – 5 Desember 2014
12.00 – 21.00 WIB
***

Menuntaskan Bulan November, RURU SHOP berkolaborasi dengan NAIF yang tengah berulang tahun ke-19. Kolaborasi ini ditandai dengan mengundang 19 perupa yang konsisten berkarya dengan fokus artistik yang berbeda-beda dalam sebuah pameran proyek bertajuk Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada di Seluruh Dunia.

“NAIF” dipilih karena kelompok musik ini membuat lagu yang memiliki kedekatan dengan kita: bercerita tentang Jakarta, kisah cinta, uang, televisi, merupakan sesuatu yang akrab di telinga kita, lagu yang membuat kita terhubung dengan kehidupan kita sendiri. Setiap perupa memilih satu atau dua lagu yang paling dekat dengan dirinya, karena itu pada pameran ini kita bukan hanya melihat, tetapi mengajak pengunjung untuk melihat berbagai sisi kehidupan para perupa lewat lagu NAIF.

Penyelenggaraan pameran ini merupakan bagian dari program Artwork Project yang diadakan oleh RURU SHOP setiap tahun secara berkala dengan cara mengundang para perupa untuk membuat karya dengan tema dan material yang spesifik. Selain itu ada pula Program Artist Merchandise yang mengundang perupa untuk berkolaborasi membuat produk sesuai ciri khas mereka. Kedua program tersebut merupakan kegiatan yang bersifat menyenangkan, bermain-main namun tetap konseptual.

RURU SHOP telah membuat berbagai project seperti Art Book Project, Mix Tape Project dan yang terakhir adalah Artwork Project BegadangNeng? Dan Artist Merchandise “The Popo X Woof”. Seperti biasanya, RURU SHOP selalu berusaha mencari tema dan material yang berbeda dalam setiap projeknya, dan untuk projek kali ini kami tertarik untuk mentransfer kekuatan lagu dan lirik menjadi sebuah karya visual. Bukan hanya sebagai ilustrasi tetapi karya yang dihasilkan mungkin bisa menghasilkan makna baru.

RURU SHOP mengundang Sembilan belas perupa yang telah dikenal memiliki keahlian dalam bidang visualnya masing-masing, yaitu Agugn, Amenkcoy, Edita Atmaja, Emte, Gooodit, Hauritsa, Henry Foundation, Ika Vantiani, Jayu Julie, Jimi Multhazam, Marishka Soekarna, Mateus Bondan, Mushowir Bing, Oomleo, Ricky Malau, Sari Sartje, Sir Dandy, The Popo, Uji Hahan. Beberapa perupa memang memiliki kedekatan hubungan dengan NAIF: Mateus Bondan, Hauritsa, Henry Foundation, Mushowir Bing, serta Ricky Malau yang berasal dari kampus Institut Kesenian Jakarta. Sementara beberapa perupa lain seperti Gooodit, Ika Vantiani, Sari Sartje, Sir Dandy, dan The Popo sudah sangat dikenal lewat karakteristik karya masing-masing.

Dalam kegiatan ini setiap perupa diminta untuk memilih dan merespon lagu-lagu NAIF, lalu membuat karya dengan medium dan tehnik keahliannya masing-masing. Beragam teknik dari mulai kolase, drawing, cat air, digital sampai instalasi di pilih perupa sesuai konsepnya. Semua karya akan menjadi bagian dari buku yang juga di terbitkan denganjudul yang sama, buku “Dia Adalah Pusaka Sejuta Umat Manusia Yang Ada di Seluruh Dunia” akan di luncurkan pada waktu yang sama dengan pameran.

===

Tentang ruangrupa
Ruangrupa adalah sebuah organisasi seni kontemporer yang didirikan dan berbasis di Jakarta sejak tahun 2000. Ruangrupa mendukung perkembangan seni dengan konteks budaya spesifik di Indonesia melalui penelitian, pendidikan, dan dokumentasi; serta menjalin kolaborasi dan kerjasama dengan para seniman dan praktisi multi disiplin melalui penyelenggaraan pameran seni, festival, laboratorium seni, lokakarya, riset, serta penerbitan buku, majalah, dan jurnal online. www.ruangrupa.org

Tentang RURU SHOP
RURU Shop adalah toko yang menjual produk dan karya dari para seniman masa kini (artwork, conceptual works, artist’ merchandise, tas, T-shirt, barang-barang eksentrik, buku, CD pilihan, DVD pilihan, dll). Toko ini bertempat di ruangrupa dan telah dibuka sejak 14 Februari 2010.

Info:
w: ruangrupa.org | fp: ruangrupa RURU Shop | ig: @ruangrupa | t: @ruangrupa @rurushop


sm_naif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>