Biopic di Indonesia

ruangrupa mempersembahkan:

“Biopic di Indonesia – Teropong Nasionalisme Kontemporer”
Program diskusi sarjana muda sesi ketiga

sarjana_muda_2015

Jumat, 16 Januari 2015
19.00 – selesai
di
RURU Gallery
Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.6
Jakarta Selatan 12820

Menghadirkan:
Windu Jusuf (Pembicara)
Indra Ameng (Penanggap)

Gratis!

***

Program Sarjana Muda kali ini akan berbicara tentang film biopic indonesia kontemporer. Diskusi akan difokuskan pada praktek penarasian kisah hidup beberapa pahlawan nasional yang terlihat dalam beberapa film biopik seperti Soegija, Sang Pencerah, dan Soekarno. Tren penarasian dalam film-film biopic membuka peluang bagi munculnya pertanyaan tentang letak sinema dalam usaha penerjemahan sejarah nasional yang sebelumnya ditulis guna mendukung ideologi negara serta sisi-sisi komersil biopik dalam usaha mengenalkan para pahlawan nasional kepada generasi penonton yang lebih muda.

***
Windu Jusuf adalah editor Cinema Poetica dan IndoPROGRESS. Pada 2013 ia lulus dari program master Center for Religious and Cross-Cultural Studies, Universitas Gadjah Mada. Sekarang ia mengajar di Film Dept., Binus International University, Jakarta, sembari sekali-kali berkeliling di beberapa tempat di Indonesia untuk berbagi pengetahuan kritik film.

Indra Am​​​​eng adalah Koordinator Dukungan dan Promosi ruangrupa. Ia berkarya sebagai seniman dengan berbagai media dan melalui duo yang ia dirikan: The Secret Agent.

w: ruangrupa.org | t: @ruangrupa | fb: ruangrupa | i:@ruangrupa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>