PRINT: PROCESS

ruangrupa mempersembahkan:
PRINT: PROCESS
Sebuah Pameran Seni Grafis

e-flyer_PRINTPROCESS

Seniman:
Grafis Huru Hara, Putri Ayu LestariRefreshink Printmaking, Syaiful Ardianto, Taring Babi

Kurator: Asep Topan

PEMBUKAAN PAMERAN
Sabtu, 13 April 2013
19.30 WIB – selesai
di RURU Gallery
Jl.Tebet Timur Dalam Raya No. 6
Jakarta Selatan 12820

PAMERAN
15 – 26 April 2013
11.00 – 21.00 WIB (kecuali hari Minggu)

DISKUSI
Jumat, 19 April 2013
16.00 WIB – selesai
Pembicara: Hafiz Rancajale

RURU Gallery menghadirkan sebuah pameran seni grafis sebagai program pameran pertama di 2013. Untuk program ini, RURU Gallery mengundang kurator muda, Asep Topan, untuk mempresentasikan gagasannya mengenai medium seni grafis dengan mengundang seniman-seniman yang telah intens berkarya melalui eksplorasi teknik cetak.

Dalam pameran ini, Asep Topan, sebagai kurator, mempersoalkan elastisitas seni grafis sebagai medium seni yang tidak kaku dan dapat terus berkembang dikarenakan beragamnya kemungkinan proses cetak-mencetak seiring kemajuan teknologi. Beragamnya pilihan tehnik cetak beserta segala kerumitannya memungkinkan seniman untuk terus bermain-main dan menemukan teknik-teknik baru dalam menyampaikan gagasan artistiknya. Pilihan teknik cetak dan proses yang tepat, dapat menjadi strategi artistik tersendiri bagi seniman untuk memperkuat gagasannya.

Asep Topan mengundang 3 kelompok seniman dan 2 seniman yang memiliki strategi artistiknya masing-masing dalam berkarya lewat seni grafis. Grafis Huru Hara yang merupakan kumpulan pegrafis muda asal Universitas Negeri Jakarta memanfaatkan jumlah anggotanya yang banyak untuk membuat sebuah kumpulan karya grafis dengan berbagai teknik dalam bentuk buku. Putri Ayu Lestari memaksimalkan kekuatan teknik drypoint yang berkarakter kasar untuk mengangkat tema kekerasan dan tabiat buruk manusia dalam karyanya. Komunitas seniman grafis Refreshink Printmaking merespon fenomena komodifikasi terhadap gaya hidup masyarakat dengan penggambaran kembali produk-produk budaya populer melalui teknik cetak saring. Beberapa produk kemasan yang sering ditemukan di masyarakat mereka tampilkan dalam bentuk lain. Syaiful Ardianto menggunakan teknik cetak saring untuk menyusun rangkaian found image gambar togel dan tafsir mimpi yang ia pilih berdasarkan relasinya dengan kegiatan cetak di masyarakat. Gambar-gambar ini kemudian dicetak ulang dalam ukuran dan teknik presentasi tersendiri. Komunitas Taring Babi dengan strategi yang berbeda, lebih menekankan pemanfaatan medium cetak seni grafis sebagai alat propaganda mereka dalam merespon isu sosial politik yang terjadi dewasa ini. Komunitas ini bergerak seiring dengan perlawanan mereka terhadap kemapanan yang mereka lakukan pula dalam jalur yang lain yaitu musik punk-rock.

w: ruangrupa.org
t: twitter.com/ruangrupa
f: ruangrupafacebook.com/pages/ruangrupa
e: info@ruangrupa.org

supported by:
gigsplay

One Response to PRINT: PROCESS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>