TOP COLLECTION #3

ruangrupa
mempersembahkan

TOP COLLECTION #3
Sebuah proyek fotografi


download: “TOP COLLECTION #3″ (catalogue, *.PDF, 4.3 mb)

Seniman:
Agan Harahap (Jakarta), Nissal Nur Afryansah (Jakarta), Reza Afisina (Jakarta), Reza Mustar (Jakarta), The House is Black (Jakarta)

Kurator: Julia Sarisetiati

Pembukaan: Sabtu, 21 Juli 2012, pukul 19.30
@ RURU Gallery
Jl. Tebet Timur Dalam Raya no.6, Jakarta Selatan

Dimeriahkan oleh:
Backwood Sun (myspace.com/thebackwoodsun)
E-Min (souncloud.com/emin-album)

Pameran: 21 Juli – 4 Agustus 2012 (kecuali hari Minggu) | 11.00 – 21.00 wib

Gratis!

..didukung oleh:

  
  

Gigsplay.com
Provoke
Whiteboard Journal
SUB
Majalah Cobra
Indoartnow

====

Proyek ini merupakan kelanjutan dari proyek fotografi TOP COLLECTION yang dikerjakan ruangrupa pada 2004 dan 2006 lalu. Proyek ini bertujuan untuk melihat kembali budaya fotografi di masyarakat, yaitu bagaimana masyarakat menggunakan fotografi dalam kesehariannya, dan untuk melihat pesan-pesan yang terkandung di dalamnya, serta lebih jauh lagi, untuk melihat makna dibalik sebuah karya foto dalam hubungannya dengan perkembangan budaya visual, modernitas,dan perubahan yang terjadi dalam masyarakat.

Pada TOP COLLECTION ketiga ini, ruangrupa mengundang seorang fotografer muda, Julia Sarisetiati, sebagai kurator. Julia Sarisetiati adalah salah satu seniman muda yang sering terlibat dalam berbagai proyek seni di ruangrupa dan intens bekerja dengan medium fotografi. Ia kemudian mengundang enam seniman muda untuk mengobservasi kembali posisi dan penggunaan medium fotografi pada era teknologi digital ini: ketika kamera adalah bagian dari organ vital perangkat komunikasi multifungsi seperti ponsel cerdas dan komputer, juga terhubung dengan ruang-ruang sosial yang virtual.
Perkembangan teknologi fotografi dan informasi sejauh ini telah menyebabkan terjadinya banyak perubahan dalam praktik fotografi di tengah masyarakat. Ketika medium ini menjadi semakin egaliter dan digunakan secara masif oleh siapapun untuk memproduksi berbagai citraan dan menyebarkannya secara bebas lewat jaringan media sosial, bagaimana kita bisa membaca pesan-pesan dan nilai-nilai yang ada dibalik praktik fotografi masa kini,adalah merupakan hal yang menarik untuk dipahami.

Secara khusus, Julia Sarisetiati menegaskan bahwa proyek ini adalahsebuah proyek fotografi yang fokus pada pola kerja riset. Proyek ini ingin melihat sejauh mana fotografi yang tersebar di ruang virtual, media cetak, dan koleksi foto pribadi dapat dibaca, juga menunjukkan bagaimana kerja pengarsipan dan identifikasi dapat menjembatani pembacaan dari foto-foto yang beredar, sehingga publik dapat memahami pembahasan yang dihadirkan dalam pameran ini sebagai bahan dasar pengetahuan tentang budaya visual.

Proyek ini merupakan sebuah kerja ekperimental ruangrupa, yaitu bagaimana seniman menggunakan fotografi sebagai strategi visual untuk mengenali masyarakat dan kehidupannya, dan bagaimana seniman menciptakan kesadaran visual melalui fotografi dan mempertanyakan kembali kemungkinan-kemungkinan yang bisa dilakukan oleh medium fotografi.Agan Harahap “berfoto” bersama para selebritis dan menyebarkannya di media sosial, Nissal Nur Afryansah melakukan riset atas perilaku penggunaan webcam di kalangan anak muda, Reza Afisina menggunakan fotografi sebagai dokumentasi untuk menampilkan karya seni performans, dan Reza Mustar, alias Azer mengumpulkan foto-foto “penampakan” dari dunia gaib yang banyak beredar di Internet, dan The House is Black mengkoleksi beragam kreasi rekayasa foto yang beredar di media sosial yang digunakan sebagai ekspresi politis masyarakat.

===

w: ruangrupa.org
t: @ruangrupa
fb group: ruangrupa
e: info@ruangrupa.org

2 Responses to TOP COLLECTION #3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>